QLC itu apa dan patokannya apa si? Di usia segini aku yg masih blm bisa apa-apa normal kah? atau udah masuk qlc? Terus jadi batu loncatan atau cm jd halangan aja?

Di usia segini aku yg masih blm bisa apa-apa normal kah? atau udah masuk qlc? Terus jadi batu loncatan atau cm jd halangan aja?

“Jika dilihat dari pengertiannya, QLC atau Quarter Life Crisis adalah perasaan yang muncul saat individu mencapai usia pertengahan 20an tahun, dimana ada perasaan takut terhadap kelanjutan atau keberlangsungan hidup di masa depan, termasuk dalam urusan karir, relasi dan kehidupan sosial (Fischer, 2008).

QLC biasanya terjadi karena adanya benturan antara memasuki realita kehidupan di masa dewasa dengan dorongan untuk mencapai kehidupan yang diinginkan. BIasanya hal tersebut terjadi karena banyaknya pilihan yang bisa diambil oleh seseorang sehingga terkadang menjadi dilema tersendiri bagi seseorang. Biasanya seseorang yang mengalami QLC ini ditandai dengan munculnya reaksi-reaksi emosi seperti frustrasi, panik, merasa tidak berdaya, merasa tidak memiliki tujuan, khawatir tentang masa depannya, tidak tahu arah, kebingungan dalam menentukan apa yang diinginkan yang kemunculan rekasi tersebut di usia seperempat baya

Pertama yang perlu diperhatikan lagi dengan pertanyaan tersebut adalah coba lihat kembali, apakah betul belum bisa apa-apa, atau sebetulnya ini perasaan kita karena ada ekspektasi yang kita tentukan untuk diri kita di usia tersebut sementara kita belum mencapai sesuai dengan ekspektasi yang kita tetapkan. Terkadang kita merasa belum bisa berbuat apa-apa, kerja juga belum, kuliah juga belum lulus, juga tidak ada prestasi yang membanggakan menurut kita, padahal bisa jadi di mata orang lain bahkan mungkin orangtua, kita punya banyak hal yang bisa membuat mereka bangga, atau sekedar terkagum. Sebetulnya kita sendiri yang selama ini repot dengan ekspektasi yang kita buat dan ternyata tidak sesuai dengan realita atau kehidupan real yang dihadapi.

Biasanya area apermasalahan yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami QLC adalah mereka yang sering mempertanyakan dan mengkhawatirkan tentang mimpi-mimpi dan harapan akan kehidupan masa depannya, terkadang juga mempertanyakan tentang kemampuannya yang ia bandingkan dengan kemampuan atau prestasi orang lain, yang bahkan hanya ia lihat di media sosial, mempertanyakan kehidupan karir atau pekerjaan, relasi pertemanan, percintaan, bahkan agama dan identitas diri. Seseorang yang mengalami QLC biasanya adalah mereka yang tidak benar-benar mengenali diri mereka sendiri dan justru sibuk membandingkan diri dengan keberhasilan orang lain. Hal ini yang justru membuat seseorang semakin minder, gak PD dan bahkan insecure. Beberapa lagi ada yang mengalami QLC karena terlalu banyaknya pilihan yang disediakan oleh lingkungan, sehingga justru membuat seseorang bingung menentukan pilihan masa depannya. Atau yang terakhir sering disebut dengan Its You vs The World, yaituadanya konflik kepentingan. Konflik antara apa yang kita inginkan dengan apa yang menjadi tuntutan lingkungan berbeda sehingga membuat seseorang menjadi cemas dan muncul ketakutan akan resiko kegagalan.