MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MAGIC LIST – Kezia Paulina Kurniawan

MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MAGIC LIST

Kezia Paulina Kurniawan
Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

 

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Manusia membutuhkan tubuh yang sehat untuk dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Begitupun dengan pikiran, manusia membutuhkan pikiran yang sehat untuk dapat memecahkan masalahnya. Membahas mengenai kesehatan, sering kali masyarakat hanya fokus pada kesehatan fisik, seperti tidak terserang penyakit, masih dapat beraktivitas dengan baik, tidak perlu pergi ke dokter, dan lain sebagainya. Padahal, kesehatan tidak hanya mengenai kesehatan fisik, karena manusia juga perlu memerhatikan kesehatan mental.

Sejak mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh Severe acute respiratory syndrom coronavirus-2 atau yang biasa dikenal sebagai COVID-19, semua orang semakin memerhatikan kesehatan fisiknya. Mulai dari melindungi diri dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, hingga menjaga imunitas tubuh agar tetap baik dengan rajin berolahraga. Namun, penelitian telah menunjukkan pengaruh COVID-19 terhadap kesehatan mental (Ilpaj & Nurwati, 2020). Hal ini mungkin saja terjadi karena adanya pembatasan sosial dan physical distancing yang mengarah kepada terbatasnya hubungan sosial antar individu, rasa kesepian, kemarahan, bahkan stres. Selain itu, pandemi COVID-19 secara tidak langsung dapat memengaruhi kesehatan mental, karena perekonomian di seluruh dunia juga terkena dampaknya. Akibatnya, terjadi pengurangan jumlah karyawan sehingga banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, mengalami kesulitan dalam ekonomi keluarga, bahkan kemiskinan (Moreno et al., 2020). Hal ini tentu saja dapat memengaruhi kesejahteraan individu yang pada akhirnya berpengaruh juga terhadap kesehatan mental.

Melihat permasalahan ini, penulis tertarik untuk mencari solusi yang dapat membantu menjaga kesehatan mental individu, khususnya orang yang harus bekerja dari rumah, dan pelajar yang harus belajar dan beraktivitas dari rumah. Solusi ini menggunakan cara praktis yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja dengan peralatan yang tersedia. Tujuannya supaya individu mampu menjaga kesehatan mentalnya dengan menyalurkan pikiran maupun emosinya ke dalam bentuk tulisan. Selain itu, individu juga akan terbantu dalam mengingat kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan. Program ini bernama Magic List.

Magic List merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan mental. Seperti namanya, program ini dilakukan dengan mambuat list atau daftar yang dapat ditulis di kertas maupun di fitur catatan pada smart phone. Namun, penulis lebih menyarankan agar program ini dilaksanakan dengan metode menulis pada buku catatan. Menurut artikel yang dilansir pada laman hellosehat (Rudystina, 2020), menulis memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah membuat pikiran dan fisik terasa lebih baik, karena menulis dihubungkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, dan tingkat stres. Individu diharapkan mampu menyalurkan pikiran yang berlebih ke dalam tulisan, sehingga individu dapat mengontrol pikirannya sendiri dan menjaga dirinya agar tetap tenang.

Semua orang yang memiliki banyak pikiran dan merasa terganggu dengan pikiran-pikiran tersebut dapat melakukan Magic List. Para pegawai yang biasanya bekerja di kantor, namun harus bekerja dari rumah karena pandemi COVID-19 menjadi sulit membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan. Akibatnya, ada saja kegiatan yang lupa untuk dilakukan dan pekerjaan yang lupa untuk dikerjakan. Hal yang sama juga terjadi pada murid maupun mahasiswa. Sejak diberlakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah, banyak sekali tugas dan kegiatan yang harus dikerjakan oleh murid maupun mahasiswa. Akibatnya, banyak hal yang harus dipikirkan dan tidak jarang ada hal yang terlewatkan. Di sinilah peran Magic List, dengan menuliskan hal-hal yang harus dikerjakan, individu dapat fokus mengerjakan satu pekerjaan, tanpa perlu memikirkan pekerjaan yang lain. Individu juga tidak akan lupa untuk mengerjakan tugas lainnya, karena ia sudah mencatatnya.

Selain itu, Magic List sangat cocok untuk dilakukan oleh orang-orang yang memikirkan banyak hal di saat yang bersamaan dan memiliki kesulitan dalam mengatur hal-hal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Pikiran yang tidak dikontrol dengan baik dan terus-menerus diulang, seringkali menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi overthinking, yang pada akhirnya berpengaruh pada kesejahteraan mental individu. Contoh pikiran yang berulang-ulang misalnya, seseorang yang sebenarnya hanya memiliki 4 tugas yang harus ia kerjakan. Namun, ketika ia sedang mengerjakan tugas pertama, ia memikirkan tugas kedua, lalu memikirkan kapan harus mengerjakan tugas ketiga, tidak hanya sampai di situ, ia kemudian mulai berpikir tentang tugas keempat, lalu ia kembali teringat akan tugas kedua, dan begitu seterusnya. Hal ini jelas akan berdampak buruk bagi kesehatan mental individu tersebut, karena ia sendiri tidak dapat mengatur apa yang harus ia pikirkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, individu dapat melakukan Magic List dengan cara menuliskan tugas-tugas tersebut dan mengurutkannya berdasarkan prioritas yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Individu juga dapat menuliskan keterangan-keterangan tambahan jika diperlukan. Kemudian, apabila individu mendapat sebuah ide untuk tugas lainnya saat ia sedang mengerjakan tugas pertama, maka ia dapat segera menuliskan ide tersebut ke daftar yang sudah ia buat. Dengan demikian, individu dapat kembali fokus pada tugas yang sedang ia kerjakan.

Magic List juga dapat digunakan ketika individu merasa cemas dengan kondisi dan situasi pandemi ini. Di masa pandemi seperti sekarang ini, beredarnya berita dan informasi yang sangat mudah diakses dapat membuat seseorang memikirkan hal yang tidak seharusnya dipikirkan. Berita-berita yang selalu menyampaikan informasi terbaru mengenai Covid-19, seperti angka kematian Covid-19 dan dampak lain seperti kriminalitas yang disebabkan oleh pandemi ini, sangat mungkin menjadi penyebab kecemasan pada individu yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan mental. Perasaan-perasaan yang dimiliki individu perlu untuk disalurkan. Oleh karena itu, Magic List dapat dilakukan oleh individu dengan cara menuliskan hal-hal apa saja yang membuat ia cemas. Individu juga dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada dirinya dan kemudian menuliskan jawaban-jawabannya pada sebuah kertas atau catatan. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Apa yang sebenarnya saya takutkan atau cemaskan?” “Apa yang sebenarnya sedang saya rasakan?” “Bagaimana cara agar saya dapat mengurangi rasa cemas saya?”, dan sebagainya.

Program ini dapat sangat membantu apabila individu melakukannya dengan konsisten, karena mau bagaimana pun juga, menjaga kesehatan mental memerlukan usaha dan ketekunan. Magic List dibuat supaya masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19. Selain itu, menjaga kesehatan mental juga tidak memerlukan biaya yang mahal, karena hanya dengan melakukan hal kecil seperti menulis sudah mampu membantu individu menjaga kesehatan mentalnya. Magic List dapat dilakukan oleh siapa saja, terlebih orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur hal-hal yang harus dipikirkannya. Sebagai penutup, penulis mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah meluangkan waktu dan penulis berharap tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

 

DAFTAR PUSTAKA

Ilpaj, S. M., & Nurwati, N. (2020). ANALISIS PENGARUH TINGKAT KEMATIAN AKIBAT COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28123.g13683

Moreno, C., Wykes, T., Galderisi, S., Nordentoft, M., Crossley, N., Jones, N., … Arango, C. (2020). How mental health care should change as a consequence of the COVID-19 pandemic. The Lancet Psychiatry, 7(9), 813–824. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(20)30307-2

Rudystina, A. (2020). 6 Manfaat Menulis Setiap Hari untuk Kesehatan. Retrieved from hellosehat website: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta- unik/manfaat-menulis-untuk-kesehatan/