Halo, Psychofams bagaimana kabarnya nih, semoga dalam keadaan sehat selalu yaa. Sehat fisik maupun mentalnya di era transisi pandemi Covid-19. Dalam artikel kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan ILMPI Wilayah III, nih.

Kalian tahu tidak kalau ILMPI wilayah III adalah wilayah yang mencakup wilayah Jawa Tengah dan Kalimantan. Pada tahun 2021, ILMPI Wilayah III menaungi 20 universitas anggota, diantaranya sebagai berikut: Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo Semarang, Universitas Semarang, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Muria Kudus, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, UIN Antasari Banjarmasin, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sahid Surakarta, Universitas Widya Dharma Klaten, Universitas Setia Budi Surakarta, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, UIN Salatiga, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Kali ini kita akan berkenalan dengan beberapa ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa yang ada di wilayah III. Tidak Cuma berkenalan kita juga akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada mereka tentang ILMPI Wilayah III. Wah, pasti seru, kan! Apa saja sih pertanyaannya?

Pertanyaan pertama adalah seputar ILMPI mengenai makna dan tujuannya. Pertanyaan pertama akan dijawab oleh Kak Risman Wardana selaku ketua HMJ Psikologi UIN Walisongo Semarang. Menurut Kak Risman, ILMPI adalah sebuah organisasi yang cakupannya sudah sampai tingkat Nasional dan ILMPI juga mewadahi Lembaga Eksekutif Mahasiswa Psikologi Indonesia untuk berproses dan berkembang, selain itu ILMPI Wilayah III sebagai wadah silaturahmi mahasiswa Psikologi di Indonesia, karena kita bisa mengenal teman-teman dari luar kampus. Berdirinya ILMPI Wilayah III di tahun 2011 dan sampai saat ini tetap terus berbenah mulai dari pengalawan mahasiswa psikologi maupun isu-isu terkait psikologi seperti RUU PLP Psikologi. Seperti tujuannya yaitu membuat Indonesia tersenyum dengan Psikologi, hal ini tentu tujuan yang mulia. Lalu jawaban selanjutnya berasal dari Ketua Bem Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus, Kak Ariq. Menurut Kak Ariq ILMPI adalah sebuah organisasi untuk mahasiswa aktif Psikologi di seluruh Indonesia yang mana tujuan ILMPI adalah membumikan ilmu-ilmu Psikologi, tempat kita mengkaji ilmu Psikologi.

Pertanyaan kedua adalah manfaat apa yang didapat selama berada di ILMPI Wilayah III? Nah pertanyaan ini akan dijawab oleh Kak Rahmad Reynaldi Saputra yang merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Menurut beliau manfaat yang didapat adalah relasi, karena kita bisa tahu dan mengenal mahasiswa ILMPI dari daerah lain, bahkan luar pulau. Selanjutnya jawaban dari Kak Irfan Naufal selaku ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, menurutnya manfaat ketika bergabung di ILMPI Wilayah III yang pertama adalah menambah relasi karena jaringan komunikasi dari seluruh mahasiswa Psikologi di Indonesia, kemudian manfaat untuk organisasi, karena ILMPI Wilayah III membuka kesempatan untuk menyebarkan informasi kegiatan- kegiatan yang diadakan oleh organisasi.

Selanjutnya adalah pertanyaan ketiga terkait dimana saja wilayah penempatan ILMPI Wilayah III dan apa nama kabinet tahun 2022? Wah kira-kira kakak-kakaknya tahu tidak yaa? Langsung saja kita baca jawaban dari Kak Keysha Paulina sebagai ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata dan Kak Yasmin sebagai ketua HIMAPSI Universitas Mulawarnan. Jawaban mereka adalah ILMPI Wilayah III cakupannya adalah Jawa Tengah dan Kalimantan dan untuk nama kabinetnya adalah Kabinet Simpul Harmonis. Yeay, betul jawabannya, Pschofams!

Pertanyaan keempat adalah harapan yang ingin disampaikan untuk ILMPI wilayah III kedepannya? Harapan Kak Aley sebagai Ketua Lembaga Eksektif Universitas Semarang adalah semoga ILMPI Wilayah III semakin bersinergi ke depannya, tidak hanya untuk LEM yang di Jawa Tengah saja namun juga yang di Kalimantan. Arti ILMPI Wilayah III untuk Kak Aley adalah diibaratkan kopi, meskipun pahit tapi tetap memberikan kenikmatan tiada tara. Meskipun beliau harus mengeluarkan ongkos lebih untuk mengikuti kegiatan ILMPI tapi dampak yang diberikan kepadanya cukup besar dengan teman-teman dan pengalaman baru. Kemudian harapan dari Kak Muhammad Raihan Al Fattah yang merupakan Koordinator ILMPI Wilayah III adalah semoga semakin solid, kekeluargaannya semakin hangat, serta dapat memaksimalkan pelayanan Psikologi sehingga dapat mewujudkan Indonesia tersenyum dengan Psikologi.

Selanjutnya adalah pertanyaan terakhir, yaitu satu kata untuk ILMPI Wilayah III. Kata Kak Risman adalah “indah”. Satu kata menurut Kak Aley dan Kak Ariq adalah “mendoan”. Menurut Kak Rahmad dan Kak Yasmin ILMPI Wilayah III “keren”. Dari Kak Keysha ILMPI Wilayah III “sukses”.

Seru sekali bukan jawaban-jawaban yang telah diberikan? Semoga harapan-harapan yang dipanjatkan dapat terwujud dan ILMPI Wilayah III semakin berkembang baik ke depannya. Untuk tahu lebih lanjut mengenai jawaban-jawaban dan keseruan mereka, yuk kunjungi Spotify ILMPI Wilayah III yang bisa diakses di link https://spoti.fi/3c91u9O. Sampai jumpa di lain kesempatan, Psychofams!

Penulis: Fatimah Nur Muhammad