Apakah mood yang cepat berubah itu wajar? Apa indikatornya kalo perubahan mood itu jadi tidak wajar?

Sebelum kita belajar tentang mood. Kita pahami dulu apa itu mood

Mood atau suasana hati adalah kondisi emosi yang cenderung bersifat jangka panjang dan terkadang mood ini bisa muncul tanpa peristiwa yang memicu. Mood berubah dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti situasi yang mengelilingi seseorang tersebut, interpretasi tentang sebuah kondisi (thought pattern), kondisi kesehatan fisik (organ experience), cara seseorang dalam merespon situasi (respon patterns), konsekuensi dari cara merespon (consequences). Dalam pemeriksaan psikologi dengan keluhan suasana perasaan biasanya psikolog akan bertanya apakah sering mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba dalam satu tahun terakhir ini? Sehingga perubahan mood bisa dianggap wajar jika faktor penyebab jelas dan terjadi tidak dalam jangka waktu yang panjang. Maka menjadi indikasi tertentu jika perubahannya berulang dalam jangka waktu lama tanpa ada faktor jelas yang mempengaruhi. Mood yang mudah berubah memang bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan mental namun tetap harus dengan pemeriksaan profesional

Bagaimana mengatasi mood yang mudah berubah ?

Mood yang mudah berubah bisa coba diatasi dengan berbagai cara :

  1. Melakukan Stabilisasi Emosi : Banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam teknik stabilisasi emosi. Kita bisa menemukan relaksasi pernafasan, relaksasi otot, pendekatan meindfullnes dan aktivitas lan yang membuat kita rileks.
  2. Journaling : Dalam banyak jurnal dijelaskan bahwa menulis juga menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk membuat suasana perasaan kita jauh lebih baik. Menuliskan apa yang sedang kita rasakan, apa yang sedang kita alami, mengekspresikan semua yang kita rasakan dalam bentuk tulisan adalah salah satu cara untuk mengosongkan emosi negatif yang selama ini tertampung dalam hati kita.
  3. Melakukan Hobi Atau Aktivitas Yang Disenangi : Seperti meminum obat demam saat kita demam. Kita sebenarnya perlu mengenali berbagai cara yang bisa kita lakukan jika suasana perasaan kita tidak nyaman. Misal ada sebagian orang yang memilih naik gunung ketika kondisinya sudah sangat tidak nyaman, ada sebagian yang lainnya dengan mandi air hangat sudah menjadi obat tersendiri. Nah, pertanyaannya sudah sejauh apa kita berusaha menemukan ramuan yang tepat ketika kondisi kita sedang mengalami mood yang mudah berubah?
  4. Mengunjungi profesional  : Jika berbagai cara sudah dilakukan. Cara-cara lampau sudah dicoba namun belum juga menemukan kedamaian. Cara lain lain seperti datang kepada profesional untuk bisa memahami kondisi kita dan membantu melihat diri lebih baik mungkin patut dicoba. Seperti perhatian kita pada sakit fisik yang tidak perlu menunggu lama utuk datang ke profesional, maka untuk kesehatan mental kita juga tidak perlu menunggu hingga parah baru mendatangi profesional.

Direspon oleh Asiska Danim Indranata, M.Psi., Psikolog (Psikolog Puskesmas Prambanan, Sleman)