Masih Percaya Ramalan?

  1. Pernahkah kalian mempercayai suatu ramalan? Mungkin beberapa dari Anda pernah diramalkan, seperti menggunakan kartu tarot, golongan darah, tulisan tangan, garis tangan, tanggal ulang tahun dan sejenisnya, lalu Anda merasa kaget dengan ramalan mereka yang sebegitu tepatnya. Tapi tunggu dulu, mungkin itu karena Anda belum mengetahui istilah Efek Barnum (Barnum Effect) atau Efek Forer (Forer Effect).
  2. Efek Barnum adalah kecenderungan dimana orang-orang mengatakan suatu ramalan kepribadian mereka tepat, yang pada kenyataannya kepribadian tersebut tidaklah spesifik dan dapat diterapkan ke semua orang.
  3. Hal ini didukung dengan demonstrasi yang dilakukan oleh R. Forer terhadap 39 muridnya.
  4. Pada tahun 1984, ia memberitahukan murid-muridnya bahwa mereka akan mendapatkan analisis kepribadian berdasar pada hasil tes dan mereka akan mengatakan seberapa akurat hal tersebut dalam rentang 0-5. Setelah dirata-ratakan, seluruh murid memberikan nilai 4.29 untuk hasil tes tersebut, yang berarti hasil tersebut akurat menggambarkan diri mereka. Sayangnya, murid-murid ini tidak tahu bahwa hasil analisis satu sama lain dibuat sama. Persis sama. Seperti dalam video tadi.
  5. Jadi apakah kita harus tidak mempercaya setiap ramalan? Semua kembali kepada diri masing masing karena setiap manusia adalah unik.

 

Video retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=Vba2ZHMjxBc, on 06/04/2018

Sumber : Forer, B. R.. (1949) “The Fallacy of Personal Validation: A classroom Demonstration of Gullibility,” Journal of Abnormal Psychology, 44, 118-121.

Post Author: adminwilayahtiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *