ILM: “Tekanan untuk Mencapai Standar Kurus yang Tidak Realistis”

Hampir setiap wanita mendambakan tubuh langsing seperti model-model majalah atau artis. Saat ini hampir setiap wanita menjalankan diet untuk dirinya sendiri demi mencapai berat badan yang diidam-idamkan. Entah diet tersebut dengan pengawasan dokter atau diet sehat atau bahkan diet asal-asalan. Tetapi bila ketakutan untuk menjadi gemuk terlalu besar sehingga mencegah dirinya sendiri untuk makan, maka hal tersebut perlu diwaspadai sebagai gangguan makan (eating disorder) yang disebut anorexia nervosa.

Anoreksia, atau lebih tepatnya anorekxia nervosa merupakan suatu keadaan gangguan psikologis di mana penderita menolak untuk menjaga berat badan normal, disertai adanya ketakutan yang sangat akan penambahan berat badan atau ketakutan menjadi gemuk walaupun kenyataannya pasien sangat kurus.
Selain itu, penderita anoreksia mengalami gangguan persepsi terhadap dirinya sendiri terhadap berat badan, ukuran tubuh atau bentuk tubuh. Menurut data yang dikutip situs womenfitness.com, 90% dari penderita anorexia adalah perempuan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga bisa mengidap anorexia.

Iklan Layanan Masyarakat – ILMPI Wi III

#ILM
#ILMPIWil3
#ILMPI

Post Author: ilmpiwil3