Dairy of Mendoan’s Family: Rakerwil, Upgrading, dan Makrab

15 April 2016

Setelah seleksi dan pemilihan anggota ILMPI wilayah III periode 2016-2017, akhirnya anggota-anggota baru dipertemukan diacara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil).  Rapat kerja wilayah tahun 2016 diadakan di kota pelajar, yaitu di Surakata. Universitas Sebelas Maret menjadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah ILMPI Wilayah III kali ini.

 

Sore itu satu persatu pengurus baru ILMPI Wilayah III mulai berdatangan, menuju lokasi penginapan, Asrama Haji Donohudan  yang bertempat di Kabupaten Boyolali. Di sana para peserta disambut oleh panitia dari UNS yang rama-ramah layaknya orang jawa menyapa. Absensi ramai diisi oleh peserta yang datang, setelah itu pembagian PDH dengan menyebutkan nama pengurus satu persatu. Kemudian panitia menunjukkan kamar istirahat masing-masing peserta rakerwil, upgrading, dan makrab. Tempat kami istirahat ini terdiri dari beberapa kamar, maka kami dipersilahkan untuk beristirahat sebelum acara dimulai.

Jum’at  pukul 16.00 WIB acara Pembukaan Rakerwil  dimulai, seluruh pengurus ILMPI Wilayah III periode 2016-2017 berkumpul di aula asrama tersebut. Terdapat 4 sambutan di acara ini, yaitu yang pertama  disambut oleh Alfisa Khoirun Amala selaku Ketua Panitia Rapat Kerja Wilayah ILMPI wilayah III , kemudian sambutan kedua yaitu Fikri Fauzan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi dan Abdurrahman Afa H selaku Presiden BEM FK UNS, serta sambutan dari Agus Suyono selaku Koordinator ILMPI Wilayah III sekaligus membuka acara Rakerwil. Acara ini resmi dibuka oleh Agus Suyono pada pukul 16.25 WIB.

Setelah acara sambutan dan pembukaan dilanjutkan dengan Penyematan/ pelantikan Koordinator  Badan oleh Koordinator  Wilayah dimulai dari Badan Kesekertarianatan, Badan Keuangan Wilayah, Badan Informasi dan Komunikasi, BPO, BPPK dan BPPM.

Penyematan koordinator telah selasai dilanjutkan pemenyematan staf  ILMPI periode 2016-2017 oleh koordinator masing-masing badan. Hiburan berupa Tari Saman serta akustik gitar yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswa UNS menyambut kami setelah acara penyematan pengurus. Karna waktu sudah menunjukkan pukul  17.44 maka kami diberikan waktu kurang lebih 1 jam untuk istirahat, sholat serta makan.

image

Satu jam berlalu begitu cepat, kita berkumpul kembali di aula yang sama pada pukul 18.45 dan rapat musyawarahpun dimulai. Pembahasan dimulai dengan musyawarah pendahuluan yaitu membahas manual acara dan tata tertib musyawarah. Musyawarah ini dipimpin oleh pimpinan sidang sementara 1 yaitu Fikri Fauzan, pimpinan sidang sementara II yaitu Intan Diana Putri dan Notulensi oleh Rasna Addin. Pengesahan sidang disahkan oleh pimpinan sidang sementara I pada pukul 19.25. Selanjutnya pimpinan sidang sementara 1 menyerahkan pimpinan sidang kepada Agus Suyono selaku Koordinator ILMPI wilayah III.

Acara dilanjutkan Musyawarah I yang berupa Pembahasan Program Kerja Wilayah (Rapat Komisi) dimulai pukul 22.00 WIB dengan dipimpin oleh Pimpinan Sidang I yaitu Agus Suyono Kordinator Wilayah, Pimpinan¬† sidang II Nurin Nusratina selaku Koordinator Badan Keuangan dan Notulensi Triana Nur Baity Koordinator Badan Kesekertariatan Wilayah. Masing-masing badan diberikan waktu unutk berdiskusi, program apa yang akan dijalankan dan targetnya apa. Disini kami diberi waktu 2×45¬† menit, tetapi karna kemantapan untuk program kerja dari masing-masing badan maka pending 2×10 menit pun di ajukan, lalu koor mengetuk palu untuk permintaan waktu pending, hingga pengajuan pending 2×5 menit untuk memantapkan proker masing-masaing badan. Kemudian diskusi masing-masing selesai dan siap untuk memaparkan proker apa yang akan dijalankan satu tahun kedepan. Kemudian, setelah pending kami melanjutkan musyawarah yang kedua yaitu Musyawarah Pemaparan Program Kerja tiap badan (Pleno). Pembahasan program selesai dimusyawarahkan pada puku 23.30 WIB.

Musyawarah berupa pembahasan program kerja wilayah telah selesai, sehingga selanjutnya akan diadakannya Musyawarah III yang merupakan Pengesahan Program Kerja Wilayah (Rapat Paripurna). Musyawarah ini akan mengesahkan Program Kerja Wilayah yang telah dipaparkan pada Musyawarah II. Pengesahan program kerja wilayah disah kan oleh Pimpinan Sidang dengan dibacakan program kerja masing-masing badan. Pengesahan ini resmi disahkan pada pukul 23.37.

Selanjutnya kami melanjutkan Musyawarah ke IV yaitu Keputusan Tambahan. Hasil dari keputusan tambahan adalah penentuan tempat rapat koordinasi wilayah dan rapaat kerja wilayah untuk selanjutnya. Disini kami dikelompokkan per universitas untuk merapatkan hal tersebut dan siapa yang akan mengajukan tender. Setelah lama berdiskusi akhirnya dibuka rapat kempali untuk penentuan tempat tersebut. Musyawarah diakhiri pada hari Sabtu, 16 April 2016 pukur 00.46 WIB.

16 April 2016

Selesainya musyawarah ini kami pun beristirahat hingga pukul 08.00 WIB pagi hari. Acara pertama pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016 adalah Upgrading, sebelum upgrading dimulai terlebih dahulu kami sarapan di ruang yang telah disediakan bersama-sama, sehingga upgrading dimulai pukul 08.30 WIB dengan pembahasan pertama yaitu Sejarah ILMPI oleh Anis Diah Ayu Masita, adalah merupakan ketua dari Rumah Hebat Indonesia. Pembahasan Sejarah ILMPI berakhir pada pukul 09.40, yang langsung dilanjutkan upgrading kedua. Pembahasan upgrading ke-2 ini adalah Sikap dalam Sidang  oleh Rezky Akbar Tri Novan. Pembahasan yang dibawakan oleh Rezky Akbar TN ini diberi waktu hingga pukul 10.50 WIB. Upgrading ke 3 ini diisi oleh Fetty Diniyatul Mudrikah yang membahas tentang Administrasi, Fetty Diniyatul Mudrika ini merupakan Staff dari Badan Kesekertariatan Nasional. Upgrading ke-3 ini berakhir pukul 12.05 WIB, tepat waktunya untuk sholat bagi yang menjalankannya. Waktu istirahat ini sekaligus memberi waktu kami untuk makan siang.

image

Nurin Nusratina sebagai koordinator badan keuangan mengisi upgrading ke-4 setelah kami selesai ishoma yaitu pukul 13.25 WIB. Upgrading ke-4 membahas tentang Administrasi Keuangan yang berakhir pada pukul 14.47 WIB. Dilanjutkan upgrading ke-5 yaitu  Analisis Sosial oleh Rizkiawan Dwi Arso, yang diberikan waktu 1 jam saja unutk membahas dan dilanjutkan coffe break 25 menit. Pukul 16.20 WIB upgrading  yang  diisi oleh Muhammad Abid Mujaddid membahas tentang Manajemen Organisasi dan Manajemen Konflik. Setelah itu Saudara Rendi Septiyanto mengisi upgrading terakhir yang dimulai pukul 17.35. Upgrading sesi terkahir ini membahas tentang Team Work Building. Karna waktu menunjukkan pukul 17.20 maka peserta dipersilahkan untuk istirahat, sholat dan makan.

Waktu menunjukkan pukul 18.48 WIB, matahari sudah tak nampak lagi dan langitpun telah berupah warna menjadi warna yang gelap. Tetapi gelapnya malam malah menambah kehangatan kami, waktu itu. Pada waktu itu kami berkumpul di aula dan kami membentuk lingkaran supaya satu satu dari kami dapat terlihat semua karna kami ingin bercengkrama membagi cerita bersama, cerita bagaimana dahulu perjuangan senior di ILMPI dan bagaimana kekeluargaan dapat terbentuk, satu persatu meluapkan rasa haru, seding, senang, rasa kekeluargaan bersama ILMPI dan kami membawakannya dengan celetukan canda. Setelah asik kami bercerita, kami berkenalan satu dengan lainnya, satu orang memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, asal universitas, masuk dibagian apa di ILMPI, kemudian menunjukkan gaya khas orang tersebut dan teman teman yang lain menirukannya. Tujuannya adalah agar nama-nama kami mudah diingat. Setelah seru-seruan berkenalan kami keluar membawa kursi dengan layaknya orang duduk tapi berjalan, begitalah kira kira kami mebawa kursi sampai ke lapangan yangcukup luas. Di tengah lapangan itu sudah ada bebakaran api dan senior senior kami di sana.

Kami duduk melingkar bersama yang ditengahnya api yang menyala, lalu kita diberi lilin untuk dinyalakan sehingga begitu terang malam itu karna api yang membara. Sembari duduk kami diintruksikan untuk membawakan hiburan perbadan. Kami diberkan waktu sekitaran 30 menit unruk menyiapkannya. Pertunjukkan kami sederhana namun seru sekali dirasa. Setelah itu kami menyanyi dan berjoget bersama mengelilingi api tersebut diiringi dengan musik akustikan serasa syahdu. Malam yang begitu seru ini berakhir pada puku 02.30 WIB. Kami harus istirahat karna esok kegiatan telah menanti.

17 April 2016

Matahari muncul dengan cepatnya, kami beranjak mempersiapkan diri untuk kegiatan outbond yang dimulai pukul 09.200 WIB. Kami dikelompokkan, yang beranggotakan 5-7 orang satu kelompoknya. Terdapat 4 pos disana yaitu pos tebak ‚Äď tebakan kata, kemudian ada pos tebak-tekabakan gerak badan yang nantinya akan menjadi sebuah kalimat, lalu ada pos pengetahuan ILMPI disini kami disuguhi pertanyaan seputar ILMPI dan satu permainan dengan pengambilan bendera dengan strategi apabila kak peserta sudah menginjak tanah maka sudah tidak boleh bergerak lagi. Setiap pos kami menampilkan yel-yel dari masing masing kelompok, dan disetiap pos, kelompok yang menang akan diberikan medali emas yang dibuat dari raffia (untuk kalung) dan permen coklat emas (untuk medali emas). Kegiatan yang sangat menyenangkan ini adalah akhir acara upgrading¬†ini.

image

Kami berkemas dan dan memakai baju PDH untuk penutupan acara, sebelum penutupan acara kami membuat sebuah surat hari yang diajarkan oleh Rendy Septiyanto agar kami tidak malu berbicara maka disuruh menulis dikertas lalu dimasukkan ke sebuah amplop, yang nantinya amplop tersebut akan dibagikan setelah acara penutupan. Sesi foto terlebih dahulu untuk mengabadikan  momen. Penutupan acara resmi ditutup oleh Agus Suyono (koorwil) pada pukul 14.20 WIB.

Post Author: ilmpiwil3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *