Resensi Buku: Membuat Skala Psikologi Berdasarkan Teori dan Pengukurannya

Nama Drs. Saifuddin Azwar, MA. Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga dan ingatan para mahasiswa psikologi. Ya, karena Saifuddin Azwar merupakan penulis buku Sikap Manusia yang sudah tembus belasan kali cetak dan sering dijadikan bahan pembelajaran bagi mahasiswa psikologi, khususnya dalam hal pengukuran sikap secara kuantitatif.  Sebagai seseorang yang sudah menempuh pendidikan dibidang statistika dan pengukuran penndidikan dari The University of Lowa, Lowa City, USA, ia memang sangat memahami seluk beluk mengenai teori dan pengukuran skala sikap serta beragam cara metode pengukurannya.

Buku sikap manusia (teori dan pengukurannya) memang menyajikan banyak sekali dasar teori dari pengukuran sikap, lalu metode-metode pengukuran sikap, sampai cara menentukkan skala yang dibuat reliabel dan valid dengan perhitungan statistika tentunya. Buku ini menjadi acuan yang tepat bagi para mahasiswa psikologi dan sejenisnya untuk mempelajari khususnya bagaimana cara membuat skala sikap yang baik dan reliabel sesuai kaidah-kaidah keilmiahan.

Di awal buku ini, kita akan disajikan mengenai teori-teori yang mendasari pengukuran sikap manusia. Sikap manusia memang sesuatu yang rumit dan sulit dijelaskan, namun dengan membaca buku ini kita mengetahui bagaimana suatu konsep sikap yang rumit tersebut dijabarkan agar lebih mudah dipahami dan dilihat. Nama-nama seperti Rosenberg, Lcek Aljen, Martin FIshbein, Osgood, Tannenbaum, Leon Festinger, sampai E.C Tolman ada dibuku ini untuk memberikan kemudahan dalam mempelajari sikap dengan teori-teorinya.Resensi Buku Manusia dan Pengukurannya

Sikap secara umum dapat diartikan sebagai konstrak multidimensional yang terdiri atas aspek kognitif, afektif, dan konatif. Dari definisi ini, dapatlah dipahami sekilas mengenai sikap manusia. Lalu beberapa metode pengukuran sikap juga dijelaskan secara matang dibuku ini seperti skala interval tampak setara, skala rating yang dijumlahkan, dan skala diferensi semantik.

Oleh karena itu, buku ini sangatlah tepat untuk dijadikan acuan bagi para mahasiswa psikologi dan sejenisnya ataupun yang tertarik untuk mempelajari sikap manusia.

Post Author: ilmpiwil3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *