Psikologi di Bumi Lambung Mangkurat

Oleh: Nur Azizatur Rahmah

Narasumber: Rahmi Fauzia., S.Psi., M.A, Psikolog

Ilmu Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia. Ilmu ini tentu saja sangat berguna bagi masyarakat dan dapat diterima oleh seluruh elemen masyarakat. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta, Psikologi sudah lama berdiri dan berkembang dengan pesat. Masyarakat di tiga kota tersebut telah menyadari sepenuhnya pentingnya Psikologi untuk kesehatan mental mereka.

Sementara di Kalimantan Selatan, atau yang akrab disapa Bumi Lambung Mangkurat, Psikologi baru saja berdiri dan belum mencapai usia satu dekade. Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat berdiri pada tanggal 19 Mei 2008 dan telah meluluskan lebih dari 3 angkatan. Salah seorang dosen senior di program studi ini adalah Rahmi Fauzia, S.Psi., MA., Psikolog, beliau lulusan Universitas Airlangga Surabaya yang telah mengabdi di Prodi Psikologi UnLam selama kurang lebih 8 tahun.

Bu Rahmi, begitu beliau akrab disapa, berkonsentrasi di bidang Psikologi Klinis dan merupakan Koordinator Bidang Psikologi Klinis di Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Menurut Bu Rahmi, perkembangan Ilmu Psikologi di Kalimantan Selatan, semakin mengikuti trend. Bahwa masyarakat semakin membutuhkan layanan psikologi. Semakin kesini semakin terlihat kebutuhan itu, jadi bersamaan dengan itu Prodi Psikologi UnLam sendiri sedang berusaha meningkatkan kualitas lulusannya sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat dengan upaya meningkatkan kualitas layanan yang berbasis pada pengelolaan sumber daya manusia. Kerjasama dalam hal pelayanan kesehatan mental sudah dilakukan oleh HIMPSI Kalsel dengan dinas kesehatan provinsi Kalimantan Selatan untuk penempatan psikolog di puskesmas maupun rumah sakit-rumah sakit di daerah Kalimantan Selatan.

Dalam hal ini, Prodi Psikologi Unlam pun terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang berbasis pada pengelolaan sumberdaya manusia. Karena Prodi Psikologi Unlam melihat bahwa kebutuhan akan sumberdaya manusia yang baik dan berkualitas sangat dibutuhkan terkait dengan kebutuhan publik.

Menurut dosen pengajar mata kuliah psikologi kepribadian ini, hal-hal yang sudah diberikan oleh Psikolog atau Ilmuwan Psikologi kepada masyarakat Kalimantan Selatan antara lain mengadakan kegiatan secara berkala semacam bakti sosial di masyarakat, seperti pelayanan psikologi gratis, program pengabdian masyarakat. Khusus yang dilakukan oleh Prodi Psikologi Unlam sendiri adalah mengelola desa binaan untuk mengaplikasikan teknik-teknik penanganan dalam psikologi, terutama untuk mengelola perilaku yang berorientasi pada lingkungan karena program studi ini berlandaskan lingkungan.

Sejauh ini, manfaat dari desa binaan sudah terasa. Masyarakat mulai memahami bagaimana menjaga perilaku mental yang sehat. Misalnya saja bukan hal yang mudah untuk membiasakan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kemudian mengubah pola hidup dari yang sering kali mengalami konflik kemudian meminimalisir konflik sehingga lebih bisa memandang secara positif.

Selain itu, juga dilakukan kerjasama dalam hal pelayanan kesehatan mental oleh pihak himpsi dengan dinas kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, sebagian besar dari psikolog yang tergabung di himpsi beserta sarjana psikologinya, dikaryakan di puskesmas-puskesmas yang tersebar di daerah kalimantan selatan. Untuk di Kabupaten sendiri, mererka mengabdi di rumah sakit- rumah sakit daerahnya, yakni rumah sakit kabupaten. Sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan layanan terpadu bukan hanya penanganan secara fisik dari para tenaga medis, tetapi juga mendapatkan pelayanan kesehatan mental dari para psikolog yang sudah tersebar, tutur wanita berparas manis ini.

Sejauh ini masyarakat perkotaan mengapresiasi secara positif peran dari psikolog ini sendiri. Dimana mereka sudah cukup medapatkan informasi bahwa peran psikolog adalah untuk membantu dan mensuport bagaimana agar meningkatkan kualitas kehidupan kesehatan mental mereka. Adapun di daerah kabupaten yang jauh dari Kota Banjarmasin, psikologi masih dikenal sebagai ilmu yang mengakrabi orang-orang yang mengalami gangguan mental dan sebgai sesuatu yang sifatnya baru bagi mereka. Sehingga mungkin nanti diharapkan kedepannya untuk masyarakat yang ada di daerah kabupaten tersebut diberikan sebuah edukasi lanjutan terhadap mereka, bagaimana peran lanjutan psikolog sehingga mereka bisa lebih memahami peran yang lebih mendalam tentang keprofesian dalam hal psikologi. Bahwa psikologi ini bukan hanya sebatas melayani mereka yang mengalami gangguan mental saja tetapi juga nanti bagaimana peran psikolog di dunia pendidikan, bagaimana peran psikolog mengelola perilaku masyarakat secara sosial dan lain-lain. sehingga nantinya, profesi psikologi semakin diterima oleh masyarakat secara luas, semakin banyak melakukan kerjasama terutama di bidang klinis, manajemen sumberdaya manusia, serta pendidikan.

Ibu rahmi merasakan adanya tantangan-tantangan yang dihadapi oleh psikolog dan ilmuwan psikologi yang ada di kalimantan. Tantangan yang dihadapi adalah berupa upaya untuk memahamkan atau mengedukasi masyarakat yang ada di Kalimantan Selatan bahwa ilmu psikologi tidak hanya bergerak di bidang psikologi klinis yang berkaitan dengan penanganan dalam terhadap mereka yang mengalami gangguan mental saja, melainkan psikologi sendiri mempunyai bidang-bidang khusus yang terdapat di dalamnya seperti psikologi industri dan organisasi yang berperan dalam dunia kerja. Lalu ada psikologi pendidikan yang terkait dengan peran psikologi didunia pendidikan untuk perkembangan mental anak-anak dalam masalah perilaku mereka. Kemudian psikologi bidang sosial yang berperan untuk mengelola masyarakat secara meluas. Serta psikologi perkembangan yang terkait dengan peran psikologi di dalam dunia perkembangan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Harapan Bu Rahmi, kita sebagai pelaku yang bergelut di bidang Psikologi semakin mampu untuk mengembangkan ilmu lebih baik serta lebih luas, mendalami dan menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari baik kehiudpan pribadi maupun bermasyarakat. Senantiasa belajar, mencari informasi yang berasal dari dunia internasional juga meningkatkan kualitas penelitian Prodi Psikologi Unlam agar dapat diaplikasikan ke masyarakat. Sehingga masyarakat nantinya juga akan merasakan kehidupan yang damai, sejahtera, lebih produktif dalam bekerja, lebih berkonsentrasi dalam mengasuh anak dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

Post Author: ilmpiwil3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *