Kehangatan di Kota Mendoan: Seminar, IGC, & Malam Kenangan ILMPI Wilayah III

ILMPI Wilayah 3 kembali mengadakan acara ILMPI Goes to Campus (12/12). Kali ini acara tersebut diadakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto, Jawa Tengah. ILMPI goes to campus kali ini agak sedikit berbeda. Kenapa agak sedikit berbeda ? Selain acara ILMPI Goes to Campus, diadakan juga Seminar Nasional dengan tema “Pengaruh Media Terhadap Perkembangan Anak”. Acara diawali dengan sambutan oleh Gita selaku ketua panitia Seminar & ILMPI Goes to Campus, Pungky selaku Ketua BEM Fakultas Psikologi UMP, Rizkiawan Dwi Arso selaku koordinator ILMPI Wilayah III, dan sambutan oleh Ibu Nur’aeni., S.Psi.,M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi UMP.

Seperti pada kegiatan ILMPI Goes to Campus sebelumya, Rizkiawan Dwi Arso selaku Koordinator ILMPI Wilaah III menjelaskan tentang ILMPI dan ILMPI Wilayah III. Selain itu diputar juga Video Company Profile ILMPI Wilayah III dan ILMPI Nasional. Para peserta terlihat sangat antusias menyimak penjelasan Koordinator ILMPI Wilayah III. Beberapa pertanyaan pun diajukan oleh para peserta yang ingin mengetahui ILMPI lebih dalam.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan Seminar Nasional Sayang Anak Sayang Bangsa dengan tema “Pengaruh Media Terhadap Perkembangan Anak”. Acara yang dimoderatori oleh Palupi, salah satu alumni Fakultas Psikologi UMP, ini menghadirkan pembicara yang sudah tidak asing lagi, yaitu Dra. Tika Bisono, M.PsiT., Psi.

Berdasarkan hasil pemaparan pembicara yang akrab dipanggil Bunda Tika ini, bahwa penggunaan gadget pada anak usia dini dapat mengurangi kemampuan interpersonal anak serta mematikan kemampuan otak anak. Bunda Tika menjelaskan bahwa anak mengkonsep alat-alat teknologi (gadget) sebagai mainan dan ia tidak mengerti prestigenya alat teknologi tersebut. Oleh karena itu, Bunda Tika menyarankan agar tidak memberikan gadget pada anak-anak serta bagi para remaja untuk menghindari penggunaan gadget yang berlebihan. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama para Staff ILMPI Wilayah III dengan Bunda Tika.

Kegiatan dilanjutkan pada sore hari. Para Staff ILMPI Wilayah III bekerja sama dengan BEM Fakultas Psikologi UMP mengadakan Penyuluhan Pola Asuh di Kampung Bale RT 01 RW 10 dengan pembicara Ibu Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi. Para peserta penyuluhan merupakan para orang tua yang memiliki anak usia balita hingga remaja. Para peserta tampak antusias berdiskusi dengan Ibu Novia. Beberapa pertanyaan pun diajukan oleh para peserta seputar pola asuh dan anak. Hal yang disayangkan oleh Bu Novia pada penyuluhan kali ini adalah yang menjadi peserta hanyalah ibu-ibu, padahal yang terlibat dalam pengasuhan anak bukan hanya ibu, melainkan juga ayah. Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada Ibu Novia. Setelah itu diadakan bakti sosial dan membersihkan Musholla yang ada di Kampung Bale.

Setelah serangkaian acara tersebut, para Staff ILMPI Wilayah III melepas penat dengan berangkat menuju penginapan di daerah Batu Raden untuk mengadakan acara malam kenangan. ILMPI Wilayah III yang dikenal sebagai keluarga mendoan ini kembali menghangatkan kembali kekeluargaan yang telah terjalin dengan sesi curhat di mana di dalamnya terdapat tawa, canda, bahkan tangis yang terpecah. Menghabiskan malam dengan bermain kembang api, lilin, dan bernyanyi. Selain itu, saling menuliskan secret memo dan tukar kado. Acara berakhir dan masing-masing staff kembali ke kota masing-masing dengan membawa kenangan yang tak terlupakan.

Post Author: ilmpiwil3